logo isokonsultindo
  • (021) 2988 8461
  • 0853 2029 8403
  • admin@isokonsultindo.com

Produk

ISO 22716

  • by Admin

ISO 22716 (Cosmetic - Good Manufacturing Practices)

ISO 22716 atau Cosmetic - Good Manufacturing Practices adalah standar yang menerangkan Praktik-praktik yang baik untuk Pabrik / Manufaktur Kosmetik yang mencakup saran langsung, aturan operasional, dan pedoman organisasi yang berfokus pada faktor manusia, teknis dan administratif yang mempengaruhi kualitas produk kosmetik.

ISO 22716 merupakan pengembangan praktis dari konsep jaminan mutu melalui deskripsi kegiatan pabrik yang didasarkan pada penilaian ilmiah dan penilaian risiko. Semua peserta dalam rantai produk kosmetik, produsen bahan, distributor dan importir / eksportir, semua yang terlibat dan bertanggung jawab telah ditetapkan dalam standar ini.

Panduan ini telah dipersiapkan untuk dipertimbangkan oleh industri kosmetik dan mempertimbangkan kebutuhan khusus dari sektor ini. Standar ini dimaksudkan untuk memberikan panduan mengenai cara pembuatan yang baik untuk produk kosmetik yang mencakup aspek kualitas produk, akan tetapi tidak mencakup aspek keselamatan bagi personil yang terlibat dalam pabrik, juga tidak mencakup aspek perlindungan lingkungan.

Pedoman Cosmetic - Good Manufacturing Practices menawarkan saran organisasi dan praktis tentang pengelolaan faktor manusia, teknis dan administratif yang mempengaruhi kualitas produk, akan tetapi pedoman ini tidak berlaku untuk kegiatan penelitian dan pengembangan dan distribusi produk jadi. Tujuan dari pedoman GMP ini adalah untuk menentukan kegiatan yang memungkinkan organisasi memperoleh produk yang memenuhi karakteristik yang telah ditentukan dan sesuai dengan spesifikasi yang diharapkan, serta menghasilkan produk yang aman.

ISO 22716  adalah salah satu pilar dari Peraturan Eropa Baru untuk Kosmetik.  Standar ini dirumuskan melalui kerja sama dengan para profesional industri kosmetik untuk memperkenalkan metode terbaik yang memberikan pedoman untuk produksi, kontrol, penyimpanan dan pengiriman produk kosmetik.

Pedoman atau Peraturan ini menetapkan persyaratan yang sangat tinggi untuk memastikan keselamatan konsumen. Di antara persyaratan hukum baru ini, semua produk kosmetik yang beredar ke Pasar Eropa harus diproduksi sesuai dengan Cosmetic - Good Manufacturing Practices yang dijelaskan oleh standar ISO 22716.

Anda berniat menerapkan ISO 22716 pada perusahaan atau organisasi anda? silahkan segera hubungi kami untuk mendapatkan informasi selengkapnya disini.