logo isokonsultindo
  • (021) 2988 8461
  • 0853 2029 8403
  • admin@isokonsultindo.com

Produk

ISO 19600

  • by Admin

Kepatuhan mengacu pada perusahaan yang mematuhi hukum yang berlaku, standar industri yang relevan, dan kebijakan internal (misalnya kode etik) yang telah diputuskan untuk diterapkan karena berdampak pada bisnis, staf, dan perlakuan terhadap konsumen. Tujuan utama dari Sistem Manajemen Kepatuhan adalah untuk memastikan bahwa perusahaan memenuhi tanggung jawab mereka dan secara efektif mengelola resiko yang dapat membahayakan reputasinya.

ISO 19600 dikembangkan oleh komite ISO/PC 271,  Standar ini memberikan panduan yang komprehensif dengan contoh yang bermanfaat dan mudah diikuti bagi pengguna yang ingin menerapkan sistem manajemen kepatuhan atau patokan kerangka kerja mereka terhadap standar.

Standar Internasional sangat membantu peningkatan berkelanjutan untuk kerangka kerja kepatuhan dan diharapkan berfungsi sebagai patokan global untuk bisnis, pejabat kepatuhan, komentator, regulator dan pengadilan. Standar ini telah disesuaikan sehingga semua organisasi dapat memperoleh manfaatnya.

ISO 19600 didasarkan pada prinsip-prinsip tata pemerintahan yang baik, proporsionalitas, transparansi dan keberlanjutan.

Klausul ISO 19600

  1. Cakupan.
  2. Acuan normatif.
  3. Istilah dan definisi.
  4. Konteks organisasi
  5. Kepemimpinan.
  6. Perencanaan.
  7. Dukungan.
  8. Operasi.
  9. Evaluasi kinerja.
  10. Pengembangan.

Standar Internasional ini tidak menentukan persyaratan, tetapi memberikan panduan untuk membangun, mengembangkan, menerapkan, mengevaluasi, memelihara dan meningkatkan sistem manajemen kepatuhan yang efektif dan responsif di dalam organisasi. Panduan tentang sistem manajemen kepatuhan berlaku untuk semua jenis organisasi. Luasnya penerapan pedoman ini tergantung pada ukuran, struktur, sifat dan kompleksitas organisasi.


ISO 19600 mengadopsi “high-level structure” (yaitu urutan klausul, teks umum dan terminologi umum) yang dikembangkan oleh ISO untuk meningkatkan keselarasan antara Standar Internasional untuk sistem manajemen. Selain panduan generiknya tentang sistem manajemen kepatuhan, Standar Internasional ini juga menyediakan kerangka kerja untuk membantu pelaksanaan persyaratan terkait kepatuhan spesifik dalam sistem manajemen apa pun.

Anda berniat menerapkan ISO 19600 pada perusahaan atau organisasi anda? silahkan segera hubungi kami. Untuk mendapatkan informasi selengkapnya klik disini.