logo isokonsultindo
  • (021) 2988 8461
  • 0853 2029 8403
  • admin@isokonsultindo.com

Produk

ISO 8583

  • by Admin

Banyak pembeli tidak menggunakan uang tunai sebagai alat pembayaran, sebagai alternatifnya mereka menggunakan kartu debit atau kartu kredit. ISO 8583 menetapkan format pesan yang menggambarkan kartu kredit dan data kartu debit yang dipertukarkan antara perangkat dan penerbit kartu. Organisasi Internasional untuk Standardisasi (ISO) mendefinisikan dan menerbitkan standar data yang digunakan oleh banyak organisasi di sektor publik dan swasta. Standar ISO yang umum digunakan untuk sektor perbankan dan jasa keuangan adalah ISO 8583.

Standar ISO 8583 biasanya digunakan oleh perangkat point-of-sale dan mesin kasir otomatis . Mesin Electronic Data Capture (EDC) yang dimiliki penjual membaca kartu yang diberikan pembeli, melakukan komunikasi dengan pihak acquirer dan issuer. Komunikasi antar instansi keuangan tersebut menggunakan format data yang disebut ISO 8583. Pesan ISO 8583 sendiri umumnya berisi informasi tentang nilai transaksi, tempat transaksi berasal, nomor rekening kartu, dan kode sortir bank. Aplikasi yang dikirim ke data dapat memiliki berbagai tujuan, seperti mentransfer dana antar rekening bank, membayar tagihan, atau membeli kredit ponsel.

Standar Internasional ini menggunakan konsep yang disebut peta bit, di mana setiap elemen data diberikan indikator posisi di bidang kontrol. Nilai 1 (satu) dalam posisi yang ditetapkan menunjukkan keberadaan elemen data dalam pesan tertentu. Nilai  0 (nol) dalam posisi yang ditetapkan menunjukkan tidak adanya elemen data dalam pesan tertentu.  Format pesan yang ditentukan dalam Standar Internasional ini dirancang untuk memastikan bahwa kompatibilitas antara sistem yang sesuai dengan Standar Internasional ini selalu layak.  Pesan ISO 8583 dapat didahului oleh header  yang disesuaikan (seringkali kepemilikan), akan tetapi tata letak inti selalu berisi bagian berikut:

Message Type Indicator (MTI) -  Indikator Jenis Pesan
MTI terdiri dari empat digit angka yang menentukan versi standar ISO 8583, kelas pesan, fungsi pesan, dan asal pesan. Tiga versi standar ada: 1987, 1993, dan 2003. Kombinasi dari empat bidang MTI menentukan jenis pesan interchange yang sedang dikirim. Biasanya, aplikasi menggunakan MTI untuk menentukan apakah pesan tersebut membutuhkan respons, dan format tanggapannya:

  1. Nilai-nilai untuk dimasukkan dalam MTI.
  2. Bidang Data Pesan untuk disertakan dalam balasan.
  3. Satu atau beberapa bitmap.

Versi pendahulu ISO 8583 telah direvisi untuk dipublikasikan dalam tiga bagian. Sejumlah perubahan telah dilakukan untuk mengakomodasi kemajuan terbaru dalam teknologi pembayaran dan peluang juga telah diambil untuk meningkatkan tata letak dan pembacaan.