logo isokonsultindo
  • (021) 2988 8461
  • 0853 2029 8403
  • admin@isokonsultindo.com

Produk

ISO 55000:2008

  • by Admin

Sistem Manajemen Aset adalah paduan dari manajemen, keuangan, ekonomi, teknik mesin dan praktek kerja yang diterapkan pada aset fisik dengan tujuan agar mampu menyediakan tingkat pelayanan maksimal dengan biaya yang paling efesien merupakan suatu proses sistematis yang mempertahankan, meningkatkan, dan mengoperasikan aset dengan cara yang paling hemat dalam pembiayaan melalui penciptaan, pemeliharaan, akuisisi, operasi, rehabilitasi, dan penghapusan aset yang saling berkaitan.

Tujuan penerapan manajemen aset ialah untuk menjaga agar nilai aset tersebut tetap tinggi dan mempunyai usia penggunaan yang panjang dengan menyediakan biaya operasi yang mencukupi sehingga mampu menghasilkan keluaran yang tinggi secara efesien, memberikan kepuasan kepada pelanggan dengan tetap mematuhi peraturan perundangan dan aspek keselamatan kerja sehingga tidak mengganggu lingkungan dan memberikan pandangan yang baik kepada publik. Berikut ini ialah tahapan dalam pengelolaan manajemen aset :

  • Mengidentifikasi apa saja yang dibutuhkan aset,
  • Mengidentifikasi kebutuhan biaya,
  • Menyediakan sistem dukungan logistik dan pemeliharaan untuk aset,
  • Memperoleh aset,
  • Memperbaharui atau menghapus aset sehingga secara efektif dan efisien dapat memenuhi tujuan.

  • Pada awalnya ISO 55000 diproduksi pada tahun 2004 oleh sejumlah organisasi di bawah pimpinan Institut Manajemen Aset yang kemudian menjalani revisi substansial melalui 50 organisasi yang berpartisipasi dari 15 sektor industri di 10 negara. ISO 55000:2008 dirilis pada bulan Desember tahun 2008 bersama dengan toolkit untuk penilaian diri terhadap spesifikasi. ISO 55000:2008 memberikan bimbingan dan 28 poin persyaratan daftar periksa praktek yang baik dalam pengelolaan aset fisik, biasanya yang berkaitan dengan gas, listrik dan air bersih, jalan, sistem transportasi udara dan kereta api, fasilitas umum, proses, manufaktur dan industri sumber daya alam. berlaku juga untuk sektor publik dan swasta, lingkungan teratur dan lingkungan non-teratur.

    Inti dari manajemen aset yaitu bahwa pengelolaan aset berkaitan dengan menerapkan penilaian teknis terhadap keuangan dan praktek manajemen yang baik untuk memutuskan apa yang dibutuhkan aset untuk memenuhi tujuan bisnis, dan kemudian untuk memperoleh dan mempertahankan aset selama umur hidup aset tersebut sampai ke pembuangan.

    Anda berniat menerapkan Sistem Manajemen Aset pada Perusahaan atau organisasi anda? silahkan segera hubungi kami untuk mendapatkan informasi selengkapnya disini.