logo isokonsultindo
  • (021) 2988 8461
  • 0853 2029 8403
  • admin@isokonsultindo.com

Produk

ISO / IEC 12207

  • by Admin

ISO / IEC 12207  adalah standar internasional untuk siklus hidup perangkat lunak yang dapat mendefinisikan semua tugas yang diperlukan untuk mengembangkan dan memelihara perangkat lunak. Tujuan utama ISO / IEC 12207 yakni untuk menyediakan struktur umum sehingga pembeli, pemasok, pengembang, pengelola, operator, manajer, serta teknisi yang terlibat dengan pengembangan perangkat lunak menggunakan bahasa yang sama dan dibentuk dalam proses yang terdefinisi dengan baik.

Struktur  ISO / IEC 12207  dimaksudkan untuk dipahami dengan cara yang fleksibel dan modular sehingga dapat beradaptasi dengan kebutuhan siapa pun yang menggunakannya. Standar ini didasarkan pada 2 prinsip dasar: Modularitas dan Tanggung-jawab. Modularitas berarti proses dengan genggaman minimum dan kohesi maksimum. Tanggung jawab berarti menetapkan tanggung jawab untuk setiap proses, memfasilitasi penerapan standar dalam proyek-proyek di mana banyak orang dapat terlibat secara hukum.

ISO / IEC  12207 juga menyediakan proses yang dapat digunakan untuk mendefinisikan, mengendalikan, dan meningkatkan siklus hidup perangkat lunak dalam suatu organisasi atau proyek, termasuk proses dan kegiatan yang diterapkan selama akuisisi dan konfigurasi layanan sistem.  Setiap Proses memiliki serangkaian hasil yang terkait dengannya. Kumpulan proses, aktivitas, dan tugas dapat diadaptasi sesuai dengan proyek perangkat lunak. Proses-proses ini diklasifikasikan dalam tiga jenis: Dasar, Dukungan dan Organisasi. Dukungan dan proses organisasi harus ada secara independen dari organisasi dan proyek yang sedang dijalankan. Proses-proses dasar yang dipakai sesuai dengan situasi.

ISO / IEC 12207 dapat digunakan oleh:

Organisasi - untuk membantu membangun lingkungan proses yang diinginkan. Proses-proses ini dapat didukung oleh metode infrastruktur, prosedur, teknik, peralatan, dan personel yang terlatih. Organisasi kemudian dapat menggunakan lingkungan untuk melakukan dan mengelola proyek dan sistem kemajuannya melalui tahapan siklus hidup mereka. Standar digunakan untuk menilai kesesuaian dari suatu proses siklus hidup yang ditetapkan dan ditetapkan untuk ketentuan-ketentuannya.

Suatu Proyek - untuk membantu memilih, menyusun, dan menggunakan elemen-elemen dari serangkaian proses siklus kehidupan yang telah ditetapkan untuk menyediakan produk dan layanan. ISO / IEC 12207 digunakan dalam penilaian kesesuaian proyek terhadap lingkungan yang dinyatakan dan ditetapkan.

Acquirer and a Supplier  - untuk membantu mengembangkan kesepakatan tentang proses dan kegiatan, standar ini digunakan untuk panduan dalam mengembangkan perjanjian. Melalui perjanjian, proses dan kegiatan dalam ISO / IEC 12207 dinegosiasikan, disetujui dan dilakukan.

Assessors - untuk melakukan penilaian yang dapat digunakan untuk mendukung peningkatan proses organisasi.

Anda berniat menerapkan ISO / IEC 12207 pada perusahaan atau organisasi anda? silahkan segera hubungi kami. Untuk mendapatkan informasi selengkapnya disini.