logo isokonsultindo
021 2988 8461 0853 2029 8403 admin[at]isokonsultindo.com

Standar ISO

ISO 12100

ISO 12100 menetapkan terminologi dasar, prinsip dan metodologi untuk mencapai keselamatan dalam desain mesin sehingga akan membantu desainer mengidentifikasi resiko selama tahap desain produksi mesin dan mengurangi potensi terjadinya kecelakaan. Standar internasional ini menetapkan prinsip penilaian resiko dan pengurangan resiko untuk membantu desainer dalam mencapai tujuan tersebut. Prinsip-prinsip ini didasarkan pada pengetahuan dan pengalaman dari desain, penggunaan, insiden, kecelakaan dan resiko yang terkait dengan mesin.

Pedoman penilaian resiko yang diberikan dalam ISO 12100 disajikan sebagai serangkaian langkah-langkah logis yang akan membantu desainer untuk secara sistematis menentukan batas-batas mesin; mengidentifikasi resiko bahaya seperti menghancurkan, memotong, sengatan listrik, atau kelelahan; dan memperkirakan potensi bahaya mulai dari kegagalan mesin hingga kesalahan manusia. Prosedur dijelaskan untuk mengidentifikasi bahaya dan memperkirakan dan mengevaluasi resiko selama fase yang relevan dari siklus hidup alat berat, dan untuk menghilangkan bahaya atau pengurangan resiko yang cukup.

Produk Terkait - ISO 45001 - Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja

ISO 12100 mendefinisikan tiga jenis standar yang mewakili tingkat perincian yang berbeda sebagai dasar yang memiliki struktur berikut :

  • Standar tipe-A (standar keselamatan dasar) memberikan konsep dasar, prinsip-prinsip untuk desain dan aspek-aspek umum yang dapat diterapkan pada permesinan;
  • Standar tipe-B (standar keamanan umum) yang berhubungan dengan satu aspek keselamatan atau satu jenis perlindungan yang dapat digunakan di berbagai macam mesin:
  • Standar tipe-B1 pada aspek keselamatan tertentu (misalnya, jarak aman, suhu permukaan, kebisingan);
  • Standar tipe-B2 pada perlindungan (misalnya, kontrol dua tangan, perangkat interlocking, perangkat sensitif tekanan, penjaga);
  • Standar tipe-C (standar keamanan alat berat) yang berhubungan dengan persyaratan keselamatan terperinci untuk mesin atau kelompok mesin tertentu.

  • Secara keseluruhan, ISO 12100 berlaku untuk semua tingkat sistem. ISO 12100 adalah standar tipe-A yang berlaku untuk semua yang didefinisikan sebagai mesin di bawah arahan dari komisi European Machinery Directive. ISO 12100 menyediakan kerangka praktik terbaik di tingkat internasional yang akan membantu menghilangkan hambatan teknis pemasaran mesin dan menjaga keselamatan dan kesehatan operator pengguna mesin sesuai dengan persyaratan peraturan perundang-undangan nasional.